5 Hal Pesan Minus Sinetron Cinta Cenat Cenut dan Go Go Girls

Standar

Saya bukannya ga mau komentarin soal pemain itu sinetron, saya juga bukan penggemar mereka, tapi saya juga ga mau buat tulisan ini sebagai anti mereka. Ane cuma prihatin aja sama tayangan jenis ini.

Kalo agan/aganwati sempet tonton dan pelajari semua isi sinetron ini (Cinta Cenat Cenut, Go Go Girls) ada beberapa hal yang perlu agan prihatin-kan;

1. Budaya K-Pop

Karena pengaruhnya gaya dari personel-personel tiap Boyband dan girlband itulah, nuansa Korea di sinetron tersebut kental banget. setting tempat, gaya berpakaian, gaya rambut semuanya tidak menunjukkan Indonesia sekali. Seharusnya kalo memang mau buat sinetron yang orisinil asli Indonesia, pihak produser mempertimbangkan bagaimana caranya tidak berkiblat ke arah negara Ginseng (Korea Selatan).Dimana Rasa Nasionalismu?

2. Konsumtif

Perhatiin juga, gimana tiap tokoh tersebut, bersekolah dengan segala kehidupan yang mewah; bermobil mewah, pakaian bagus, pake HP mahal, hampir tiap hari sepertinya ga pernah susah, pesta sana sini.Ane prihatin aja, kalo banyak pemuda dan remaja Indonesia sekarang pantesan aja mentalnya bergeser jadi lebih konsumtif, apa-apa kudu diturutin sama orang tuanya. Sekolah ga pake HP mahal malu di sekolahnya, sampe ada yang mungkin bunuh diri gara-gara ga kebeli hp mahal. Belum lagi banyak banget anak SMP jaman sekarang, ke sekolah ga bawa kendaraan aja gengsi, padahal secara hukum anak SMP belum boleh pegang SIM.Kasian orang tua kita yang kerja keras demi anak-anaknya.


3. Pergaulan Bebas

Kalo agan tonton itu sinetron, ada beberapa cerita, kalo tokoh A berpacaran dengan tokoh cewek A, cewek A disukai juga sama cowok B. Dengan segala cara cowok B lakuin buat dapatin cewek A. Bahkan bisa aja cewek A berhubungan dengan cowok A,B,C. Busyettt….pacar rame-rame dong.Sinetron ini condong banget nunjukin, buat kehidupan pergaulan bebas. Walaupun bukan secara implisit nunjukin pergaulan yang berbau seks bebas, tapi tetap aja ini bikin pola pikir remaja sekarang makin bebas aja buat menjalin hubungan.Yah ujung-ujungnya agan sendiri yang tahu kan, kenapa sekarang video 3Gp esek-esek banyak beredar dengan pelaku anak SMP, anak SMU, mahasiswa-mahasiswi.

4. Kekerasan (Bullying) di Sekolah

Dari judul sinetron sih bolehlah unyu-unyu (Cinta Cenat Cenut, Go Go Girls), tapi coba perhatiin tiap episodenya yang tayang. Selalu ada adegan kekerasan di lingkungan sekolah, bully di kelas, bully di kanting, bully di kamar mandi. Berantem gara-gara rebutan cewe, rebutan cowo, musuhan antar gank di sekolah, bully secara fisik dan verbal jelas banget di perlihatkan. Pantesan aja budaya tawuran ga pernah hilang karena media-nya ada.Ane masih bingung si penulis skenarionya bikin adegan-adegan ini buat menarik penonton atau emang demen sama kekerasan?

5. Tidak menghormati orang tua

Konklusinya, menurut ane ga ada pesan moralnya ini sinetron (Cinta Cenat Cenut,Go Go Girls). Ga ada cerita yang nunjukin si tokohnya berbuat sesuatu untuk kebaikan lingkungannya, buat diri sendiri. Isi ceritanya muter-muter di soal rebutan cewek, rebutan cowo, persaingan antar gank sekolah aja. Ada beberapa adegan cerita nunjukin banget ga menghormati orang tua atau orang yang lebih tua, misalnya membentak orang tua, atau bahkan menyepelekan guru.Dulu ane juga pernah bandel, tapi ane masih berupaya menghormati orang tua dan juga sedikit respect sama guru.

Yah ini cuma tulisan ke-prihatinan ane sama tayangan kek gini di tonton sama jutaan anak remaja Indonesia.

Ane ga menjelek-jelekkan sekelompok boyband atau girlband, menurut ane mereka cukup berprestasilah minimal udah punya karya (hal yang positif bisa nyanyi walaupun lipsyinc dan bisa dance), dari pada mereka mabok dan jadi bandar narkoba

2 responses »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s